"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

Mereka Adalah Gank Comot

>> Friday, August 29, 2008

Seperti yang saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, ’Sampah itu Sampah Kita’ bahwa kemacetan dan sampah adalah bagian dari sebuah kota (khususnya Jakarta). Kedua hal itu menjadi potret buram Ibu kota, selain pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, banjir, dan sebagainya.

Ya, macet dan sampah seakan menjadi ikon ibu kota kita tercinta, Jakarta. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang sebuah gank. Bicara tentang gank, biasanya langsung berkaitan dengan hal negatif, misal: gank moge (motor gede), gank preman pasar, gank sekolah, dll. Yang biasanya berujung pada perkelahian, tindak kekerasan, atau keonaran. Namun, tidak demikian dengan gank yang akan saya bahas di sini.

Mereka dikenal dengan nama Gank Comot, artinya gank atau kelompok yang mencomot-comot (mengambil atau membersihkan) sampah yang berserakan di jalan-jalan ibu kota. Jumlah mereka tidak sebanding, jika dibandingan dengan jumlah sampah di ibu kota setiap harinya.

Gank Comot dikenal juga sebagai Gank Cinta Damai. Mereka yang termasuk anggota gank ini, menjalani misinya dengan menggunakan sepeda ongkel, yang de belakangnya terdapat sebuah kotak untuk menaruh sampah. 30.000,- rupiah per hari, itulah upah yang mereka terima atas jasa-jasa mereka. Sungguh upah yang tak bisa dibilang sepadan, jika dibandingkan dengan jasa mereka untuk kebersihan Ibu kota.

Namun, memang begitulah adanya. Itulah potret mereka. Dari hari ke hari, dengan peluh membasahi badan, dengan tuntutan agar tetap tersenyum, senyum mereka menghiasi teriknya ibu kota tercinta, Jakarta.


Bogor, 19 Agustus 2008

0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP