"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

Pengenalan Dini dan Faktor Pemakaian Narkoba

>> Tuesday, May 26, 2009


Pemakai narkoba, tingkat penyebaran narkoba yang semakain menghawatirkan, khususnya di kalangan remaja memberi petunjuk bahwa remaja berisiko tinggi atau rawan sebagai pengguna narkoba. Untuk menghindari penyalagunaan narkoba yang disebabkan oleh pergaulan yang keliru , ada baiknya untuk mengenal tipe – tipe penggunaan narkoba.

Menurut Dr. Sally Halim, Msc dalam seminar yang dipublikasikan dalam majalah gadis, menggolongkan tipe pemakai narkoba sebagai berikut :

1.Tipe coba – coba, pada umumnya pemakai tipe ini belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang narkoba. Alasan mencoba biasanya didorong rasa penasaran atau karena solideritas sesame teman dan dosis yang digunakan relative masi kecil.

2.Tipe rekreatif, pemakai ini memakai narkoba secara teratur dan lebih serius. Namun tipe ini memakai narkoba jika berada ditempat tertentu dan dalam situasi tertentu saja. Misalnya pada saat pesta atau saat di discotik.

3.Tipe situasional, pada pemakai tipe ini biasanya menggunakan narkoba pada saat menghadapi situasi yang sulit. Kecendrungan mereka dalam memakai narkoba sangat besar, misalnya pada saat stress, sedih, atau kecewa. Maka beranggapan bahwa jika memakai narkoba maka semua persoalan bisa teratasi atau masalah tidak akan dapat teratasi tanpa narkoba. Resiko kecenduan tipe ini lebih besar disbanding kedua tipe sebelumnya.

4.Tipe intensif, yang termasuk tipe ini, tingkat pemakaian sudah kronis dan dosis yang digunakan tergolong tinggi, tujuannya selain mencari kenikmatan, juga sebagai pelarian dari masalah yang sedang dihadapi.

5.Tipe pecandu, frekuensi pemakai narkoba tipe ini sudah sangat tinggi dan jenis yang dipergunakan sudah bermacam – macam. Ketergantungan sudah mulai mempengaruhi fisik dan mentalnya, misalnya sangat sensitive sering marah dan sering gelisah, dan pada akhirnya berinteraksi dengan orang yang ada disekitar lingkungannya.

Pengenalan Gejala Dini dan Pemakaian Narkoba
Pengenalan gejala dini pada pemakai narkoba sangat penting bagi keluarga dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya penyalagunaan narkoba yang fatal dikalangan remaja. Adapun gejala tersebut antara lain :
1.Terdapat cirri khas pada tubuh penderita, seperti lingkaran hitam pada bagian bawah mata, lengan bekas suntikan atau luka akibat rajah.
2.Prestasi belajar menurun drastis
3.Berat badan menurun dan mengalami halusinasi
4.Terjadi perubahan sikap seperti : suka mencuri, menjual barang – barang untuk mendapat narkoba, tidak jujur dan suka berbohong, cepat tersinggung atau marah, hilangnya hawa nafsu makan dan selalu ingin minum saja.

Faktor Penyebab Pemakaian Narkoba


1.Faktor pribadi
Faktor pribadi yang rawan terhadap penyalagunaan narkoba menurut beberapa ahli jiwa meliputi:
a)Pribadi yang mudah frustasi,
b)Sulit bergaul,
c)Ingin dianggap hebat, dalam hal ini narkoba dianggap dapat menimbulkan rasa superior,
d)Ingin selalu mencoba – coba, dan-
e)yang mudah jenuh.


2.Faktor lingkungan

a. Lingkungan keluarga
Keadaan keluarga yang dapat mendorong anak berprilaku menyimpang antara lain: Kurangnya perhatian orang tua, ketidak lengkapan orang tua dalam keluarga, sikap orang tua yang selalu keras, sikap orang tua yang masa bodoh dan selalu memanjakan anaknya.

b. Lingkungan sosial

Pada garis besarnya faktor sosial yang dapat mempengaruhi dan penyebab penyalagunaan narkoba antara lain : Kurangnya penyuluhan bakat dan tenaga kerja para remaja secara teratur dan terarah terhadap kegiatan yang bermanfaat, adanya kemerosotan moral mental, dan iman dari orang dewasa, lemahnya aparatur Negara dalam hal pengawasan terhadap peredaran barabg terlarang.

c. Lingkungan budaya dari luar

Pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat di Indonesia terutama teknologi, komunikasi telah membuat pengaruh kebudayaan asing yang negative masuk ke Indonesia,beberapa contoh diantaranya, budaya pengguna narkoba dan free sex yang bisa dilakukan oleh sebagian masyarakat di negri maju ditiru oleh sebagian masyarakat Indonesia.

d. Faktor ekonomi

Adanya kemiskinan ditengah kemewahan masyarakat kota besar telah mendorong sebagian besar masyarakat untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya dengan cara menjual belikan narkoba yang memang harganya sangat mahal.

Gejala Ketagihan Narkoba

- Tulang sekujur badan terasa sakit dan linu
- Otot terasa kaku
- Kepala seperti hendak pecah
- Tenggorokan berisi cairan kental
- Mata berair
- Hidung berair seperti kena fiu
- Terus menerus batuk
- Bulu kuduknya berdiri
- Tekanan darah tinggi
- Suhu tubuh jauh diatas normnl
- Perut terasa melilit
- Mencret – mencret tidak kendali
- Menggigil kedinginan
- Tidak berani menyentuh air
- Menyembunyikan diri dari lingkungan keluarga



1 comments:

muchlisin Tuesday, May 26, 2009 11:13:00 AM   Reply To This Comment

Tidak hanya pengetahuan tentang narkoba, dalam tulisan ini saya juga bisa membaca analisa yang bagus tentang faktor penyebab pemakaian narkoba. Setelah tahu akar masalah biasanya lebih mudah mencari solusi.

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP