"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

Sebab-Sebab Penyalahgunaan Narkoba

>> Tuesday, May 26, 2009

Kenyataan menunjukan bahwa penyalagunaan narkotika tidak hanya dikalangan remaja, tetapi juga orang – orang dewasa dan lanjut usia. Seorang pysikiater, menyebutkan bahwa terdapat alas an yang melatarbelakangi penggunaan narkoba secara bebas, yang menjadi kebiasaan tersebut ialah:


A. Di kalangan Remaja
1.Untuk membuktikan keberanian dalam melakukan tindakan – tindakan berbahaya seperti mengebut, berkelahi sex bebas dsb.
2.Untuk melawan sesuatu otoritas ( orang tua / guru )
3.Untuk mempermudah penyaluran dan perbuatan sex menyimpang
4.Untuk melepaskan diri dari kesepian dan memperoleh pengalaman emosional ;
5.Untuk berusaha agar menemukan arti dari hidup di dunia ini ;
6.Untuk mengisi kekosongan dan perasaan bosan karena tidak mempunyai aktifitas yang cukup positif ;
7.Untuk menghilangkan rasa frustasi dan kegelisahan yang disebabkan adanya prablem yang tak kunjung teratasi ;
8.Untuk mengikuti kemauan teman dan memupuk rasa soledaritas sesama kawan ;
9.Karena didorong rasa ingin tau lalu melakukannya secara iseng.

B. Di kalangan Orang Dewasa
Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa sebab orang dewasa menjadi pecandu narkotik adalah :
a.Penyakit kronis
Penyebab penyakit kronis atau gangguan jasmaniah yang kronis sehingga membutuhkan obat – obatan yang dapat sementara menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang dideritanya. Mula – mula ia memperoleh obat yang mengandung narkotika melalui resep dokter. Lama kelamaan sesudah habis ia memalsukan resep dokter dan berusaha membeli obat – obatan itu sebanyak – banyaknya.

b. Kebiasaan

Selain hal diatas tidak sedikit orang dewasa mengkonsumsi obat bius karena suatu kebiasaan. Mula – mulanya mungkin karena sakit, tetapi setelah penyakitnya sembuh ia akan tetap mengkonsumsi obat yang mengandung narkotik dengan alas an agar sakitnya tidak kambuh lagi atau ia merasa tidak enak badan jika pemakaian obat itu dihentikan.

c. Frustasi
Orang yang merasa tidak sanggup mengatasi problem berat yang sedang dialami dapat terjerumus pada pilihan membius diri dengan bahan narkotik sebagai pelarian. Pada saat permulaan ia menggunakan narkotika memang ia akan merasakan kenikmatanya terbebas dari kesulitan yang menghimpit jiwanya. Jika persoalan pokoknya tidak dapat teratasi atau ia merasa keenakan mengkonsumsi obat it, maka ia akan terus mengkonsumsinya tanpa diketahui kapan akan menghentikannya. Maka kalau ini terjadi maka ia akan menjadi pecandu yang permanen.

d. Doping di kalangan olah ragawan
Terdapat usaha untuk meningkatkan prestasi di kalangan olah ragawan dengan cara merangsang perkembangan otot dengan mempergunakan obat – obatan stimulas. Perbuatan ini sebenarnya sangat dilarang dan jika ketahuan dapat dijatuhi sangsi yang amat berat berupa pencabutan hak untuk bertanding, denda, pencabutan gelar dsb.Tetapiu para atlet masi saja banyak melakukan hal ini secara sembunyi – sembunyi.

C. Di kalangan Tentara
Dikalangan tentara sering sekali digunakan adalah morphine, Karena denagn cara mengkonsumsi ini mereka menghadapi masalah berat menjadi terasa ringan.Namun ini ditetapkan dengan pengawasan yang ketat sehingga penggunaanya yang sangat berlebihan menjadi pecandu permanen yang dapat di cegah.

D. Di kalangan Seniman
Di kalangan seniman atau artis ada banyak yang menggunakan obat – obatan ini. Sebagian mereka , selain dilatar belakangi oleh penghasilan yang melimpah, ada yang bermaksud untuk memperoleh tambahan kekuatan fisik, mental, rasa percaya diri, kesenangan dsb.

E. Di kalangan Pengemudi
Di kalangan pengemudi kendaraan besar memiliki rute jarak jauh, termasuk nakhoda kapal, ada yang menggunakan morphin dengan maksud untuk memperoleh daya tubuh, menghindari kelelahan dan kejenuhan. Tentunya hal ini sangat membahayakan jika pemakainya menjalankan kendaraan umum seperti bus yang membawa banyak penumpang dan relatif kecepatan tinggi.

Sebagaimana pernah terjadi peristiwa menabrak dan terbakarnya bus malam kramat jati di jalan tol cikampek – Jakarta ( 1996 ) yang menewaskan 30 orang penumpang dan 3 orang yang tertabraknya, diketahui pengemudinya memiliki ectasy. Juga tabrakan maut yang merenggut nyawa putri Diana yang terjadi di Prancis, pengadilan paris menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan itu ialah pengemudi mobil yang membawa Lady Diana menjalankan mobil dalam keadaan mabuk.




0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP