"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

Hierarki Bahasa

>> Monday, May 17, 2010

Hierarki bahasa terdiri atas lima unsur (dari yang terkecil sampai terbesar), yaitu:
- Fonem, adalah satuan bahasa terkecil yang mengandung bunyi dan dapat membedakan makna. Fonem juga berarti kesatuan bunyi yang dapat membedakan makna.

- Morfem, adalah satuan bahasa terkecil yang mengandung makna. Secara sederhana dibagi dua, yakni: morfem bebas dan terikat. Morfem juga berarti bentuk linguistik terkecil (bagian morfologi) yang bermakna leksikal atau gramatikal sebagai pembentuk kata yang lebih kompleks.

- Kata, adalah satuan bahasa terkecil yang memiliki makna dan mampu berdiri sendiri dalam sebuah kalimat.

- Frasa, adalah satuan bahasa yang dibangun dari dua kata atau lebih, yang tidak memiliki ciri predikat. Disebut juga kelompok kata.

- Klausa, adalah satuan bahasa yang memiliki minimal dua unsur inti, yaitu: subjek dan predikat, merupakan informasi yang belum selesai.

- Kalimat, adalah satuan bahasa yang paling sedikit mempunyai dua unsur inti dan memiliki informasi yang sudah selesai (tuntas). Ditandai dengan intonasi akhir.

- Wacana, adalah satuan bahasa yang komunikatif, otonom, dan memiliki pesan yang jelas. Panjangnya tidak ditentukan, bisa satu kata, artikel, atau buku.


Nb: Diambil dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP