"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

bisnis syariah

html stats

Glitter Words
Glitter Words


Merombak Organisasi, Mewujudkan Progresivitas

>> Friday, October 29, 2010

Oleh: Rijalul Imam, S.Hum., M.si.
(Ketua Umum KAMMI Pusat)

Pra Muktamar KAMMI yang diselenggarakan di Solo tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2010 yang dilanjutkan Workshop Kewirausahaan 4-6 Oktober 2010 di tempat yang sama merupakan agenda internal terakhir kepengurusan periode 2009-2010. Di sela-sela agenda itu terdapat sosialisasi revisi manhaj kaderisasi KAMMI oleh tim revisi kaderisasi KAMMI Pusat. Tiga agenda besar ini adalah dalam rangka mewujudkan progresivitas gerakan.

Kepengurusan KAMMI adalah mata rantai sejarah yang berkelanjutan. Di usianya yang ke-12, di 12 tahun pasca reformasi, di saat Indonesia berusia 65 tahun lebih, dan di satu dekade pertama abad ke-21, KAMMI membutuhkan penyegaran. Kesegaran ini tidak semata-mata dengan mengubah warna kulit, melainkan menyegarkan ke seluruh inti sel tubuh gerakan ini.

Ada banyak ide yang digagas di forum Pra Muktamar ini yang kesemuanya menyerap dan mensinergiskan seluruh aspirasi dari daerah-daerah. Semuanya terangkum dalam hasil pembahasan di TKSO (Tim Konstitusi dan Sistem Organisasi) yang dibentuk dalam Rapimnas di NTB. Ide tentang hirarki konstitusi di KAMMI, paradigma gerakan, system pemilihan raya, jangka waktu periode di daerah, dan lain-lain. Perombakan organisasi ini dilakukan semata-mata untuk menyehatkan cara kita berorganisasi dan membangun progresivitas gerakan.

Di sisi luar, kita dihadapkan tantangan zaman yang sudah sangat berubah sejak semula KAMMI didirikan tahun 1998. Di level kekuasaan, elit penguasa semakin liberal. Di level bawah, masyarakat kita begitu pragmatis. Ingin cepat meraih hasil ketimbang berproses. Sebagai kelompok menengah, KAMMI yang notabene sebagai gerakan mahasiswa, gerakan pemuda, gerakan kebangsaan, dan gerakan peradaban/keummatan, perlu mendesain gerakan lebih dinamis dan berdialektika lebih mendalam dengan kondisi real masyarakat.

Ke depan, peran-peran strategis yang perlu dimassifkan di seluruh daerah adalah peran “tanggung jawab sosial KAMMI”. Masyarakat kita terhempas globalisasi dan kebijakan elit yang tidak berpihak pada rakyatnya, maka KAMMI perkuat jatidiri sebagai advokat masyarakat, negosiator, sekaligus pemberdaya masyarakat. Kita juga perlu menyelamatkan kelompok pemuda segenerasi, karena meraka adalah harapan bangsa di masa yang akan datang. Anak-anak muda yang belum mentransformasi dirinya dibina untuk dapat merubah dirinya menjadi pribadi yang aktif dan kelompok produktif.

‘Ala kulli hal, saya ucapkan selamat bermusyawarah demi kepentingan yang lebih besar!


0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

bisnis syariah

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Glitter Words
Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP