"Save Our Palestine... Save Our Palestine... Save Our Palestine" "Please Pray for Palestine...."

Wahai Muslimah, Sayangilah Dirimu

>> Sunday, May 8, 2011

Tolong… tolong….

Pelecehan kerap terjadi pada muslimah (baca: perempuan). Mulai dari pelecehan verbal sampai fisik. Saat sedang berjalan kaki, mengendarai motor, atau berada di dalam bus yang penuh sesak. Dan kebanyakan dari kira hanya bisa diam, karena ketidakberdayaan. Ya, muslimah memang sering dianggap tidak bisa berbuat apa-apa, ketika dirinya dianiaya. Begitulah cara pandang kebanyakan orang.


Woman Crisis Center (Yogyakarta) dalam situsnya, memaparkan jumlah pengaduan yang masuk adalah pelecehan seksual sebanyak 69 kasus, sedangkan pemerkosaan sebanyak 151 kasus. Ditambah dengan data dari LBH APIK, kekerasan terhadap perempuan sebanyak 1046 kasus. Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan muslimah memang sering menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan.

Salah satu trainer lembaga Jogja Self Defense (Woman Self Defense di Indonesia), yaitu Muthia Esfand berusaha menjawab kegundahan/kegelisahan hati muslimah, dengan menghadirkan buku ini di tengah-tengah kita. Dibantu oleh A. Fathy Farhat Khan, Muthia ingin membagi peengetahuan dan pengalamannya tentang bela diri muslimah dalam bentuk sebuah buku. Sarjana Sastra lulusan UGM ini ingin mengubah pola pikir, yang mengatakan bahwa ‘Muslimah itu perempuan lemah.’ Karena Islam adalah agama yang syamil wa mutakammil (lengkap dan menyeluruh), berbagai sendi kehidupan manusia pasti dibahas dalam Islam.

Buku yang di tulis oleh cucu dari pelatih bela diri ini berisi tentang usaha pemaparan tentang cara pandang Islam terhadap bela diri, usaha preventif pra-kejadian dan usaha yang dilakukan pada saat kejadian.

Buku ini dilengkapi dengan tips-tips dan gambar-gambar jurus praktis disertai dengan penjelasannya, sehingga kita dapat dengan mudah mempraktikkannya sendiri. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan hadist dan ayat suci Al-Quran yang menjadi pijakannya, sehingga kita tidak ragu lagi akan nash- nya. Tidak hanya itu, dalam buku ini juga terdapat gambar titik-titik kelemahan tubuh manusia, sehingga kita dapat mewaspadainya.

Keunggulan lain dari buku ini adalah bahasanya yang mudah dimengerti dan cukup komunikatif. Kemasannya yang menarik, ditulis di pada HVS putih, penjilidan yang baik, dan ukurannya yang kecil juga menjadi nilai plus dari buku ini. Perpaduan pink dengan putih ditambah motif yang dipilih juga semakin menegaskan untuk siapa buku ini dihadiahkan.
Buku ini wajib dibaca para muslimah, sebagai salah satu usaha pengamanan diri. Karena kita tidak akan pernah tahu, kapan bahaya menimpa kita.

“Barangsiapa yang melihat kemungkaran di antara kalian, maka hendaklah dia mengubah dengan tangannya. Jika tidak sanggup, dengan lisan saja. .Jika tidak sanggup juga, dengan hati saja, dan itu adalah selemah-lemah iman.“
(HR. Muslim)














0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda. Jangan melakukan spam, gunakan bahasa yang sopan. Admin akan memeriksa komentar yang masuk. Terima kasih. :-)

Blogger

Komentar Artikel

Artikel Terbaru

Belajar menjadi pembelajar yang baik

(c) 2009, Butiran Pasir

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP